Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kunjungi Kawasan UMKM di Bazaar Mandalika

Bazaar Mandalika (Foto: Humas Setkab/Rahmat)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi mengunjungi kawasan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Bazaar Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/01/2022). Di sana, Presiden dan Ibu Iriana menghampiri beberapa gerai produk UMKM, mulai dari gerai produk perhiasan mutiara, kain tenun, hingga sepatu.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi membeli sepatu berwarna merah dengan kombinasi kain tenun sundawa hasil produksi UMKM Sentosa Sasak Tenun dari Desa Pringgasela. Di sisi lain, Ibu Iriana membeli dua buah tas berbahan rumput ketak hasil produksi UMKM Mawar Ketak Lombok.

Selanjutnya, Kepala Negara pun turut memberikan bantuan tunai secara langsung kepada beberapa penjual produk UMKM, salah satunya kepada penjual kain tenun dari Desa Sade.

Untuk diketahui, Bazaar Mandalika merupakan sebuah kawasan UMKM yang menjadi wadah atau sarana berkumpulnya pelaku usaha mikro dan kecil sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Bazar tersebut akan menjadi destinasi wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke Mandalika.

Selain itu, keberadaan Bazaar Mandalika ini akan menjadi pusat lokasi perdagangan kecil di Kawasan Mandalika. Saat ini, sebanyak 287 UMKM telah mengisi gerai di Bazaar Mandalika yang terdiri atas usaha kuliner, kecil, dan mikro.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Hadi Tjahjanto. (BPMI SETPRES/UN)

The post Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Kunjungi Kawasan UMKM di Bazaar Mandalika appeared first on Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Exit mobile version